Minggu, 08 Juli 2012

Mahasiswa kedokteran gigi UI laksanakan kerja sosial di Sulteng

PALU-Sebanyak 134 rombongan mahasiswa dan staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia melaksanakan program kerja-kerja sosial di Kota Palu dan 4 kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia Prof.Bambang Irawan,DDS,PH.d. Minggu pagi mengatakan program kerja sosial yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran gigi merupakan program sosial dua tahunan untuk wilayah di luar Jawa sedangkan untuk wilayah Jabodetabek dilakukan setahun sekali.

“Program kerja sosial ini merupakan langkah atau upaya untuk membiasakan mahasiswa didik menjadi dokter gigi dan diharapkan mampu lebih dekat dengan masyarakat,”ujar Bambang.

Mereka menargetkan melayani masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan gigi sebanyak 1.000 jiwa serta layanan penyuluhan kesehatan gigi di seluruh wilayah yang mereka kunjungi diantaranya Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan ParigiMoutong serta Kabupaten Poso.

“Selain melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan gigi, kami juga melakukan kegiatan lainnya seperti kegiatan sunatan massal bekerjasama dengan kementrian kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Sulteng, Korem 132 Tadulako dan PT Vale Indonesia Tbk,”sebutnya.

Dari data Dinas Kesehatan Sulteng masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada 2010 tercatat 5.389 orang yang tersebar di seluruh 11 kabupaten/kota sedangkan untuk anak-anak sekolah dasar dan setingkat yang perlu perawatan mencapai 9.311 orang anak yang juga tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Data pada 2010 juga menunjukkan anak-anak yang perlu perawatan gigi terbanyak di Kota Palu mencapai 2.658 anak, disusul Kabupaten Buol 1.645 anak, ParigiMoutong 1.635 anak dan Poso sebanyak 1.359 anak(bal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar